Jumat, 10 Juli 2009

Hipnotis.. Apa itu ?

hipnotis
 
Kata hipnotis sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari- hari. Saat ini, hipnotis banyak disalahgunakan oleh oknum/ orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk berbagai tindak kejahatan, seperti menghipnotis lalu menjarah/ mengambil barang-barang korbannya. Salah satu cara yang biasa mereka lakukan adalah dengan menyentuh tubuh korbannya.

Sebenarnya, Apa hipnotis itu?Sebelumnya, ingat : Hipnotis = Hipnosis
Hipnotis berasal dari kata Hypnos yang artinya tidur. Akan Tetapi, hipnotis itu sendiri bukanlah tidur. Secara sederhana, yaitu fenomena yang mirip tidur, dimana alam bawah sadar lebih mengambil peranan dan alam sadar berkurang peranannya. Pada kondisi ini seseorang menjadi sangat sugestif (mudah dipengaruhi), karena alam bawah sadar yang seharusnya menjadi filter logic sudah tidak lagi mengambil peranan.
Seseorang yang terhipnotis sebetulnya pada kondisi sangat terkonsentrasi yang sangat fokus. Jadi proses hipnotis adalah proses membimbing seseorang berpindah fokus dari eksternal ke internal (konsentrasi).
Pada prinsipnya untuk mengakses alam bawah sadar seseorang bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik. Semisal teknik verbal (sugesti), teknik relaksasi progresif, teknik penggunaan energi, teknik visualisasi, dan teknik mistik (supranatural, baik ilmu hitam maupun putih).

Tidak ada komentar: